Mau Mengerti Teknik Bertani Ikan Nila Yang Melimpah? Gunakan Rumus Ini

Untuk mewujudkan hasil panen ikan Nila sebanyak-banyaknya, anda hendaknya menghitung secara lebih matang volume air di dalam kolam terpal. Tidak menghitung luas kolam terpal. Arah dari mengira-ngira isi atau kekuatan kolam terpal ialah untuk menghasilkan padat tebar ikan Nila yang ideal.

Dari artikel dibawah ini rumus Mempertimbangkan daya muat kolam terpal bundar yang bisa anda aplikasikan.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Nila Bulat

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bundar yang anda akan gunakan berdiameter 5m dan tinggi 1 meter, maka daya muat kolam terpal bulat anda ialah sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air dengan penuh. Buat Memperkirakan berapa padat terbar ikan Nila, tinggi yang anda masukkan untuk  Mengoptimalkan ialah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bulat.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam budidaya ikan Nila pada level yang tergolong rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk kapasitas normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk level yang masih dalam kriteria tinggi atau yang sering disebut dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda bisa mengisi ikan Nila dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda bisa mengisi kolam terpal bundar anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan Nila pada kapasitas rendah, 1700 – 5100 ikan Nila pada level yang tergolong normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda menggunakan system bioflok atau natural water system (NWS) ketika berternak ikan Nila.

Contoh diatas hanya sekedar arahan. Pada prakteknya mungkin anda akan menemui jumlah padat tebar yang bervariasi di tiap – tiap peternak ikan Nila. Itu sangat wajar, karena tiap peternak ikan Nila pastilah punya kemahiran dan kebiasaan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain.

Nah apa saja sebetulnya factor penentu padat tebar ikan Nila dalam media budidaya? Simak pemaparan berikut ini :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Nila

Senada dengan manusia, ikan pun perlu cukup oksigen untuk dapat bertahan hidup dengan baik. Ukuran benih ikan yang kecil cukup mendapatkan oksigen di air kolam. Akan tetapi, disaat ikan semakin tumbuh besar dan dengan catatan tidak ada kematian ikan Nila, mestinya keperluan oksigen untuk ikan juga semakin banyak.

Dengan jalan apa para petani ikan Nila mensiasati keperluan oksigen dalam air kolam agar bisa dipenuhi?

Buat menjawab kebutuhan oksigen dalam air kolam umumnya para petani ikan Nila mensiasatinya dengan mengganti air kolam sebanyak 27-30% secara berkala. Apabila ikan belum waktunya dipanen tetapi ikan tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap sama saja, itu pertanda ikan perlu dipindah ke kolam lainnya.

2. Aspek Lingkungan

kondisi disekeliling kolam terpal ada kalanya juga berdampak pada jumlah padat tebar ikan Nila. Beberapa petani terkadang menurunkan padat tebar ikan Nila pas cuaca tidak bersahabat seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

Pemotongan padat tebar pas musim – musim ekstrim mendesak untuk untuk mengantisipasi gagal panen.

3. Metode Budidaya

Pada aplikasinya, teknik budidaya ikan Nila juga bisa berpengaruh pada kinerja kolam Nila bulat. Missal, mengembangbiakkan ikan Nila menggunakan system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih ideal dibandingkan dengan metode pengembangbiakan ikan Nila lainnya. Penyebabnya karena budidaya dengan system bioflok memiliki lebih banyak pakan alami yang berasal dari kumpulan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang menggantukan sirkulasi air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang lebih rapat. Dicuplik dari efishery.com padat tebar ikan Nila yang mempergunakan system RAS dapat menyentuh angka 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

Sirkulasi air sangat melekat hubungannya dengan ketersediaan oksigen pada kolam. Dengan perputaran air yang baik, oksigen yang terkandung di air dapat bertambah. Sehingga padat tebar ikan Nila bisa diatur setinggi-tingginya.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Komentar