Mau Mengetahui Tata Cara Beternak Ikan Lele Yang Melimpah? Gunakan Rumus Ini

Agar sanggup menciptakan hasil panen ikan lele setinggi-tingginya, anda sepantasnya mengetahui terlebih dahulu jumlah isi air di dalam Kolam Terpal Bundar Surabaya. Tidak menghitung luas kolam terpal. Maksud menghitung daya muat kolam terpal ialah agar bisa menghasilkan padat tebar ikan lele yang ideal.

Berikut ini rumus Mempertimbangkan kekuatan kolam terpal bundar yang baik anda pakai.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bulat

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bundar yang anda memiliki diameter 5m dan tinggi 1 meter, jadi volume kolam terpal bundar anda yaitu sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air sampai penuh. Untuk Mempertimbangkan berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda gunakan untuk  Menghitung ialah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bulat.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam budidaya ikan lele pada level rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk kapasitas normal anda dapat mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk level yang tergolong tinggi atau yang sering dinamakan dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda bisa mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda dapat mengisi kolam terpal bulat anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada level yang masih rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada kapasitas normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda menerapkan system bioflok atau natural water system (NWS) ketika budidaya ikan lele.

Contoh diatas hanya sekedar panduan. Saat mempraktekkannya mungkin anda akan menjumpai jumlah padat tebar yang bermacam-macam pada tiap – tiap peternak ikan lele. Tentu saja itu lazim, karena tiap peternak ikan lele pastilah memiliki triks dan kebiasaan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain.

Nah apa saja sebenarnya aspek penentu padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Perhatikan 6 uraian dibawah ini :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

Senada dengan manusia, ikan pun butuh cukup oksigen supaya bisa hidup dengan baik. Standart ukuran untuk benih ikan yang kecil mestinya cukup memperoleh oksigen di air kolam. Tapi, disaat ikan semakin tumbuh besar dan dengan catatan tidak ada lele yang mati, mestinya keperluan oksigen untuk ikan juga semakin banyak.

Dengan jalan apa para pembudidaya ikan lele mensiasati keperluan oksigen pada air kolam supaya bisa tetap dipenuhi?

Untuk menggenapi kebutuhan oksigen dalam air kolam lazimnya para pembudidaya ikan lele mensiasatinya dengan membarui air kolam sebanyak 27-30% secara periodic. Bila ikan belum masanya dipanen tetapi ikan tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap sama saja, itu tandanya ikan perlu dipindahkan ke kolam yang lain.

2. Faktor Lingkungan

kondisi disekeliling kolam terpal ada kalanya juga berdampak pada jumlah padat tebar ikan lele. Sejumlah petani terkadang memperkecil padat tebar ikan lele saat cuaca tidak sesuai seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

Perampingan padat tebar pas musim – musim ekstrim harus untuk mencegah gagal panen.

3. Metode Budidaya

Pada prakteknya, cara beternak ikan lele bisa saja berimbas pada kapasitas kolam lele bulat. Missal, budidaya ikan lele menggunakan system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih ideal dibandingkan dengan metode mengembangbiakkan ikan lele lainnya. Ini mungkin sekali terjadi dikarenakan metode bertani dengan system bioflok mempunyai pakan alami yang amat banyak yang bermula dari kumpulan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang mengandalkan perputaran air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang lebih rapat. Disadur dari efishery.com padat tebar ikan lele yang mengadopsi system RAS dapat menyentuh angka 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

Sirkulasi air sangat dekat hubungannya dengan kesiapan oksigen pada kolam ikan lele. Dengan sirkulasi air yang apik, oksigen yang dikandung dalam air kian bertambah. Alhasil padat tebar ikan lele dapat diperbaiki.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam Terpal.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Komentar